Spiga

Mandriva 2009 Free Edition


Mandriva Linux 2009 secara teknis membawa banyak perbaikan dan peningkatan dibandingkan versi 2008 sebelumnya.

Perubahan terpenting adalah peningkatan kecepatan proses boot, dukungan lebih baik terhadap NetBooks serta mengganti bootsplash dengan Splashy untuk penampilan grafis saat booting.
Driver ath5k menggantikan madwifi guna mendukung kartu WLAN yang pada umumnya menggunakan Atheros.

Driver baru ini disebutkan memiliki kelebihan yaitu sepenuhnya menggunakan kode pemrograman HAL yang berlisensi bebas, sementara madwifi masih merupakan program proprietari.

Driver baru lainnya adalah atl1e yang dibutuhkan untuk kebanyakan tipe Netbooks seperti Asus-Eee.
Kecuali itu Mandriva juga mengintegrasikan driver untuk sis-imedia yang diperlukan untuk dua jenis chipset grafis asal SiS. Dukungan Mandriva Linux 2009 untuk chipset grafis G41 keluaran Intel tidak dilupakan, dan memperbaiki driver untuk ATI dan Nvidia agar ia mampu mendukung chipset generasi terkini. Theme 'Ia Ora' yang merupakan tampilan khas Mandriva, kini diterapkan untuk KDE 4.

Versi Kernel yang dikemas adalah 2.6.27, dan Firefox 2 diganti dengan Firefox 3. DrakX juga ditingkatkan dengan penambahan beberapa fungsi baru. Sofware utama yang diperbaharui termasuk X.org 7.3, KDE 4.1.2 dan 3.5.10, GNOME 2.24, OpenOffice.org 3.0, PulseAudio dan banyak lainnya.

0 comments: