Spiga

Kubuntu 9.04 Jaunty Jackalope



Desktop+Alternate
2 CD - Rp. 20.000,-

Telah menjadi sebuah tradisi dirilis serentak dengan edisi utama, sejumlah distrubusi khusus lainnya dari keluarga yang sama yaitu Kubuntu, Xubuntu, Ubuntu Studio, Mythbuntu, Server-Edition dan Ubuntu Netbook Remix.

Desktop Kubuntu 9.04 diklaim lebih cepat di-start dengan waktu booting lebih singkat (25 detik pada kondisi terbaik). Suspend dan Resume telah diperbaiki dan pergantian antar jaringan seperti WLAN dan 3G tidak lagi bermasalah, bahkan kini lebih banyak lagi perangkat nirkabel yang didukungan Jaunty Jackalope.

Seperti pada penerbitan update regular, Kubuntu 9.04 kali ini ditetapkan akan menerima dukungan perbaikan Patches dan Updates selama 18 bulan kedepan. Jaunty Jackalope mengemas Kernel 2.6.28.9, X-Server 1.6 dan mendukung sistem berkas ext4 file system.

Kubuntu menggunakan KDE 4.2.2 sebagai desktopnya. Sebagai pendukung aplikasi perkantoran dikemas versi OpenOffice 3.0.1 dan Evolution yang telah ditingkatkan. Gnotifier, yaitu sistem notifikasi telah diperbaiki dan kini tidak lagi mengganggu pengguna dengan pemberitahuan yang tidak diinginkan.

Berita baik bagi pengguna grafis adalah tersedianya dukungan terhadap tablet Wacom untuk input sketsa. Perangkat ini diklaim langsung dapat dikenali (plug n play) dan enable saat diinstalasi.


0 comments: